cerita mbun

Penggunaan Media Sosial pada Anak Usia 1-3 Tahun

Media digital anak 3 tahun
Hidup dalam dunia digital, menjadi tantangan sendiri bagi anak dan orang tua. Bukan hanya melihat sebagai tantangan, tapi bagaimana kita bisa memanfaatkan media digital sebagai media edukasi bagi anak.

Tentu saja waktunya dibatasi dan tidak berlebihan. Jika anak sudah terlanjur terpapar, kita harus lebih tegas untuk membuat aturan batas anak menggunakan media digital.

Bagi anak usia 1-3 tahun sebaiknya memang tidak usah dikenalkan, namun kebanyakan setiap rumah sudah menggunakan digital, seperti televisi, laptop, telepon pintar, dan ipad yang bisa anak lihat sendiri meski tidak kita kenalkan. 


Manfaat Teknologi Digital

Adanya teknologi digital, aku sendiri merasakan manfaatnya dari mulai untuk urusan pribadi hingga urusan anak. Seperti membuat akta kelahiran, sekarang sudah tidak perlu lagi mengantri ke kantornya, cukup membuatnya melalui online.

Anak yang lahir juga sekarang mendapatkan KIA (Kartu Identitas Anak) yang bentuknya seperti KTP. Lucu sekali warnanya pink.

1. Sumber Informasi

Adanya teknologi digital memudahkan kita mengakses berbagai macam informasi. Kita bisa tahu informasi apa saja di daerah lain bahkan di negara lain.

Kita juga sebagai orang tua bisa melihat gaya parenting orang tua luar negeri dan sistem pendidikan mereka. Sebagai informasi kita dalam mendidik anak di era digital. 

Namun, terlalu banyak mendapatkan informasi juga rasanya membuat kita kewalahan dengan segala macam informasi yang masuk. U tuk itu penting memfilter informasi yang masuk.

2. Membangun Kreativitas

Teknologi bisa membangun kreativitas kita. Dengan banyaknya konten kreatif bermunculan bisa jadi bahan pembelajaran juga buka ibu dalam mendidik anak. 

Banyak akun parenting yang bisa kita pelajari dan aplikasikan dalam pengasuhan. Banyaknya support system, mendidik anak jadi lebih semangat karena banyak ibu-ibu lain yang mendukung. 

3. Komunikasi

Tentu saja komunikasi yang paling berimpak dari adanya teknologi. Sudah banyak aplikasi yang bisa menghubungkan komunikasi kita satu sama lain.

Namun sayangnya, dengan adanya aplikasi pesan online ini memudahkan sekali untuk membatalkan janji. Kalau dulu, mau ketemuan saja sampai ditunggui dan ada rasa tidak enak kalau membatalkan janji. 

4. Pembelajaran Jarak Jauh

Teknologi membuat kita bisa belajar dari mana saja. Saat covid, teknologi membantu para siswa belajar melalui jarak jauh. 

Manfaat digital bagi anak
Bukan hanya bagi siswa, tapi ibu pembelajar seperti aku berkata teknologi bisa belajar dari rumah sambil mengasuh anak. 

5. Jejaring Sosial

Jejaring sosial yang semakin luas tidak hanya lingkup tetangga saja, berteman luas tanpa sekat geografis.

Dari teknologi ini aku bisa kenal dengan teman-teman blogger. Bukan hanya curhat, tapi diskusi tentang skill, dan pembelajaran lainnya. Paling suka kalau sudah diskusi sama teman blogger, yang selalu terbuka dengan hal yang baru. 

6. Mendorong Pertumbuhan Usaha

Dari teknologi, membuka peluang usaha. Kita bis sembukan usaha tanpa harus menyewa toko atau berkeliling mencari pelanggan.

Dari rumah kita sudah bisa menjalankan usaha. Ibu jadi bisa berdaya dan berkarya meski dari rumah. Bersyukur banget adanya teknologi ini, aku pun bisa mencari penghasilan meski dari rumah. 

7. Memperbaiki Pelayan Publik

Pelayanan pulik di Indonesia mulai berbenah dengan urusan administrasi yang melelahkan. Sekarang sudah banyak lembaga yang melakukan registrasi dan pengurusan administrasi melalui online. Hal ini memudahkan kita untuk tidak perlu mengunjungi kantornya, bisa hemat transportasi dan waktu.

Mengurus berkas bisa dilakukan dari rumah. Aku bahkan pindah fasilitas kesehatan hanya tinggal memindahkannya melalui aplikasi kesehatan. 


Batasan Media Digital pada Anak Usia 1-3 Tahun

Manfaatnya banyak sekali untuk keluarga. Nggak heran kalau anak juga akan melihat kita selalu menggunakan perangkat teknologi. 

Ada batasan penggunaan media digital sesuai usia. Kali ini aku akan membahas usia 1-3 tahun dulu, di artikel selanjutnya pembatasan digital usia 4-6 tahun.. 

1. Memiliki Batasan Waktu Tayang

Tetapkan batasan waktu tayang pada anak. Pas usia ini, orang tua yang mengontrol penuh aturan bagi anak. 
Penggunaan waktu digital


Biasanya anak usia 3 tahun sudah mulai bisa mencari alasan agar bisa menggunakan perangkat digital. Jangan sampai terpancing dengan tipu daya si kecil ya Bun, hihi.  

2. Manfaatkan Media Digital untuk Menambah Kosa Kata

Jadikan program yang dilihat anak sebagai media pembelajaran. Saat anak menonton, tambahkan kasa kota baru pada anak. 

Ucapkan dan ulangi terus kosa kata tersebut hingga ia terbiasa untuk mengucapkannya. Menambah kosa kata baru membuat bahasanya semakin lancar.

Bukan hanya kosa kata, tetapi angka dan lagu yang ia nyanyikan. Bisa mengajarkannya berhitung tidak harus urut, yang penting mengenalkannya saja dulu. 

3. Memanfaatkan Program untuk Sikap Empati

Dari tayangan yang dilihat anak, kita bisa ajarkan anak untuk bersikap empati atau berbagi. Sampaikan pesan moral yang ditangkap pada program tersebut. 

4. Belajar Mengenal Keragaman

Dalam tayangan tersebut mungkin ada latar belakang perbedaan dengan budaya kita. Seperi bahasa dan tempat tinggal. Jelaskan pada anak kalau kita tinggal di negara yang sangat luas dengan beraneka ragam macam suku, adat dan budaya. 

Mengenal berbagai keragaman di Indonesia menambah wawasan anak. Meski di usia yang masih dini, setidaknya anak belajar kalau tidak semua orang sama. 

5. Menghindari Program Kekerasan, Seksualitas, Menakutkan atau Tidak Senonoh

Pilihlah program yang mengedukasi anak. Hindari tontonan yang memberikan dampak negatif bagi anak.

6. Mendampingi dan Berinteraksi

Dampingi anak dan berinteraksi dengannya saat menonton. Diskusikan dengan anak apa yang ia lihat dan dengar.

Sembari menggunakan perangkat digital, kita bisa ajak anak belajar mengenal huruf dan angka dari apa yang ia lihat. 

7. Menghindari Penggunaan Sebagai Peran Pengganti Orang Tua

Hindari memberikan perangkat digital sebagai pengganti orang tua. Anak diberikan gadget, orang tua memasak atau bekerja. Hal tersebut sering terjadi agar anak anteng karena tidak ada lagi yang mengasuh. 

Kesimpulan

Banyaknya manfaat media digital harus kita manfaatkan dengan baik bagi diri sendiri maupun pola pengasuhan kita pada anak. Kita tidak bisa menghindari adanya digital. Tetapi, kita bisa melakukan pengawasan pada penggunaannya. 

Penggunaan setiap media digital setiap anak berbeda tergantung usianya. Pada usia 1-3 tahun sebaiknya tidak terlalu sering menatap layar ponsel. Berikan kegiatan yang dapat menstimulasi gerak motoriknya daripada menatap layar ponsel.

Semangat membersamai anak yaa, adakah kesulitan saat menetapkan aturan penggunaan media digital pada anak? Yuk, sharing di kolom komentar!
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar