cerita mbun

Tips Temukan Peluang Karir dari Ngeblog

13 komentar
Tips sukses ngeblog


Unlock Your Potential: Transform your Blogging Passion Become a Professional Digital Career.” - PutriSB
Alhamdulillah sebelumnya aku juga mengikuti webinar tentang SEO Checklist dari BRT yang aku tuliskan juga di blog, hari Sabtu lalu aku kembali mengikuti webinar dari BRT yang tak kalah serunya.

Cerita perjalanan switch career yang dilalui Kak Putri membuatku sangat tertampar kalau ngeblog ini butuh konsisten, ketekunan dan tekad yang kuat. Senang sekali Kak Putri membagikan kisah dan tipsnya bagaimana bisa bekerja di dunia digital.

Melihat ke diri sendiri, kok usahanya belum maksimal seperti Kak Putri. Effort-nya masih kurang, dan mind mapping-nya belum jelas. Masih banyak PR untuk belajar blog dan teknik SEO. 

Seperti yang kita tahu kalau dunia digital sekarang ini sedang berkembang. Sudah nggak ada alasan lagi susah cari kerja, karena peluang pekerjaan ada di depan mata bahkan ada di smartphone yang kita miliki. 

Cuman modal kuota dan laptop yang memadai aja sudah bisa menjemput rezeki di dunia digital.
Apalagi profesi Blogger yang bisa berkarir di mana saja. Kalau kamu ngerasa menulis adalah passion kamu, coba simak perjalanan kak Putri sampai akhir ya. Beliau juga membagikan tips bagaimana ia bisa fokus switch career dengan posisinya sekarang. 


Perjalanan Karir Kak Putri 

Kak Putri mengawali karir sebagai seorang Blogger yang titik awalnya belajar di BRT. Dulu cari kelas yang pengen belajar ngeblog susah, beda seperti sekarang kita bisa belajar ngeblog di mana saja.

Hal ini juga sama aku alami ketika zaman dulu masih menggunakan modem, akses internet tidak seperti sekarang, cari komunitas ngeblog kok susah banget. Beruntung ketemu BRT yang bisa belajar banyak hal.
"Blogger tidak cuman menulis, tetapi lebih kompleks dari itu, ada banyak kesempatan ketika kita memutuskan untuk jadi Blogger."- Kak Putri SB

Aku setuju banget dengan statement kak Putri, pasalnya banyak juga di sekitarku yang memandang kalau Blogger cuman bisa nulis. Heyyy, nulis juga nggak gampang kaleeee. Gemes deh, pengen tak hiiiihhh.

Mereka nggak tahu aja kalau ngeblog juga perlu teknik yang rumit, bahkan sampai harus rela begadang. Kenapa sampai begadang? Ya, karena siang hari aku fokus untuk mengurus anak dan rumah, sedangkan belajar teknik butuh fokus yang khusus karena tidak bisa disambi dengan kegiatan lain.

Blogger juga berbeda latar belakang, ada yang ibu rumah tangga, dosen, karyawan, dan lain-lain. Meskipun full time blogger, tetap harus butuh fokus untuk belajar teknik SEO.

Belum puas belajar kelas ngeblog, kak Putri semakin penasaran karena melihat temannya yang sukses ngeblog dengan tampilan blog yang menarik.

Pokoknya kesempatan itu berlaku untuk siapa saja, tidak memandang latarbelakang dan pendidikan, tergantung bagaimana kita menggunakan kesempatan itu untuk masa depan.

Belajar teknik SEO


Kak Putri berhasil membuktikan kalau perjalanannya sebagai Blogger membawanya ke dalam potensi yang lebih baik dengan ilmu yang diperjuangkannya dengan tekad yang kuat.

“Buat apa kamu nulis kalau nggak ada yang baca?” Kalimat yang berasal dari obrolan teman Kak Putri membawanya untuk terus bertumbuh menggapai karir.

Saat itu Kak Putri belum tahu SEO sama sekali. Tapi, kak Putri tidak menyerah dan berpuas diri hanya sampai memiliki blog, ia ingin terus bertumbuh bersama blog.

Kak Putri meyakini jika dia sudah membuat keputusan, dia akan melakukannya hingga totalitas. Bahkan sampai jam 3 pagi baru selesai belajar.

Perjuangannya membuahkan hasil, dari situ banyak job mulai berdatangan. Namun, lagi-lagi kak Putri tidak berpuas diri cukup sampai mendapatkan job saja. Ia terus belajar hingga menemukan platform yang kini menjadi pengajar di platform tersebut berkat ketekunannya.

Cara mengembangkan Karir ala Kak Putri

1. Portofolio

Apa yang kita lakukan dicatat untuk menjadi portofolio. Sambil di evaluasi mana saja yang harus dipelajari lebih lanjut lagi. Portofolio ini bisa kita tampilkan juga di LinkedIn.

2. Komunikasi

Skill bahasa Inggris ini penting sekali. Karena banyak juga job yang menggunakan bahasa inggris. 

Komunikasi dengan teman juga harus diperhatikan, ada etikanya. 

3. Kemampuan 

Selama ngeblog, kemampuan apa yang sudah kita peroleh dan jangan pernah nyerah untuk meningkatkannya. Dari belajar ngeblog, hingga SEO artinya kemampuannya terus bertumbuh dan belajar tidak cukup puas dengan blog saja.

4. Pendidikan

Kita memang ada di negara dengan formalitas pendidikan. Memang bukan yang terpenting dengan pendidikan yang baik akan bantu menunjang karir ke depan. Misalkan dengan mengikuti pelatihan.

Bagaimana Cara kak Putri Tingkatkan Kemampuan?

Tips temukan potensi diri

1. Fast learning

Belajar bukan hanya untuk orang yang cerdas, tapi untuk orang yang punya kemauan. Pelajari yang perlu di pelajari, tidak semua materi harus dipelajari saat itu juga. 

2. Jangan Pernah Nyerah

Tentu nggak selalu belajarnya mulus, terkadang ada rintangannya seperti web atau postingan yang error, jangan pernah menyerah untuk hal-hal seperti itu.

Justru dari kegagalan kita bisa belajar banyak hal. Kegagalan membuka peluang yang lain.

3. Networking

Menjaga pertemanan dengan baik, seperti saling sharing ilmu dan selama di kelas selalu aktif bertanya. 

Selalu baik sama orang dan menyimpan kontaknya karena kita tidak pernah tahu suatu saat akan membutuhkan sesuatu.

4. Management Skill

Bagaimana kita ngurus anak, kerjaan rumah dan cukup waktu utuk produktif. Dengan management skill yang baik, tugas akan selesai dengan baik pula. Belajarnya jadi nggak ngos-ngosan.

5. Self Control

Bagaimana kita bisa mengontrol diri kita dari angin yang kencang. Pasti banyak tekanan dari luar, dan kita harus bisa mengontrolnya agar tidak terpengaruh. 

6. Adaptasi

Kemampuan adaptasi juga sangat penting, jika terbiasa kerja di kantor menjadi sulit untuk  kerja di rumah. Begitu sebaliknya kita harus bisa adaptasi di mana pun kita bekerja.


7. Never Ending Optimize Your Self

Setting goal, harus tahu dulu tujuannya apa jadi Blogger. Ketika orang cuman belajar sedikit, kita lebih banyak. Bersaing dengan diri sendiri dulu, baru bisa bersaing dengan orang lain.

Lakukan yang terbaik, kita sudah punya ilmunya dan jangan pernah seadanya. Selalu yakin semesta akan berikan yang terbaik.

Evaluasi yang objektif, evaluasi 1 tahun sudah bisa apa saja, yang berhasil dan gagalnya. Perbaiki dari sisi objektif, bukan perasaan. Tidak menyalahkan orang lain kalau gagal.


Kesimpulan

Fokus adalah hal utama dalam belajar. Jauhkan diri dari hal yang bisa buat distraksi. Jika yang membuat distraksi adalah media sosial, sebaiknya matikan dulu saat sedang belajar.

Buat mind mapping yang jelas dan tetap prioritaskan skala prioritas. Bismillah para Blogger juga bisa seperti Kak Putri asal ada kemauan dan rajin.

Apakah kamu juga sudah buat mind mapping seperti Kak Putri? Yuk sharing di kolom komentar ya!




Related Posts

13 komentar

  1. kalau kita punya cita-cita dan goal yang ingin diraih, ada baiknya bikin mapping ya mbak, biar nggak kesana kemari planningnya.
    Bener banget mbak, kadang yang bikin kita gagal fokus adalah terdistraksi sama hal lain, kuncinya adalah niat yang kuat pokoknya untuk meraih apa yang kita inginkan

    BalasHapus
  2. BRT keren nih buat kelas-kelas dengan narasumber yang ga kaleng-kaleng, termasuk Kak Putri yang menginspirasi banget jalan hidupnya dari seorang Blogger kemudian terus meningkat dan naik kelas terus karirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak sangat menginspirasi banget berawal dari Blogger.

      Hapus
  3. Pada akhirnya, balik lagi ke kemauan belajar dan usaha totalitas, ya, Kak. Sangat menginspirasi banget. Memang butuh motivasi kuat untuk mencapai tujuan. Cuma memang untuk bisa seperti Kak Putri harus berjuang melawan diri sendiri yang masih suka minderan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus belajar terus, jangan minderan pokoknyaaaa, Vin.

      Hapus
  4. Ngeblog dan dunia nulis emang unik, gak semua orang bisa dan minat melakukannya. Dari yang unik ini bisa banyak peluang yang bisa didapat. Awali dengan menekuninya dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak nulis dunianya luas banget dan banyak peluang.

      Hapus
  5. Aku belum buat mind mapping nih, jadi termotivasi setelah membacanya. Cuzz ngelist what to do untuk blogku, skill apa aja yang perlu ditingkatkan dan mau mulai dari mana dulu

    BalasHapus
  6. Sekarang dengan modal laptop dan kuota bisa menjemput rezeki, saya setuju banget dengan statement itu kak. Wah, kak Putri Haneen yg isi materi ya. Lama banget saya ga tahu kabar beliau. bagus ya materinya

    BalasHapus
  7. Ini saya penasaran bagaimana membuat fortofolio seorang blogger ya? Apakah misalnya menuliskan lomba2 yang pernah diikuti atau juara2 apa yang pernah dimenangkan? Kalau newbie kaya saya gimana buatnya?

    BalasHapus
  8. Keren webinarnya, banyak insight baru yang bikin termotivasi. Terutama soal punya tujuan jelas dan harus totalitas.

    BalasHapus

Posting Komentar