cerita mbun

Tips Jitu Toilet Training di Malam Hari. Si Kecil Bisa Tidur Nyenyak!

14 komentar
Tips jitu toilet training



Masih membahas toilet training, semoga Ayah dan Bunda tidak bosan ya. Prosesnya yang panjang, membuat pembahasan toilet training ini semakin menarik.

Melatih toilet training di malam hari memang lebih menantang dibanding siang hari. Malam hari adalah waktu kita tidur nyenyak, namun masih harus terjaga jika anak mengompol atau minta diantar ke toilet.

Saat sudah berhasil mengendalikan rasa buang air kecil di malam hari, saat itu Aqlan membangunkanku di malam hari karena ia ingin buang air kecil. Aku terharu dan sungguh bahagia anakku sudah bisa bilang ingin buang air kecil di malam hari. 

Namun, disisi lain aku juga merasa kurang tidur karena lagi nyenyaknya tidur malah dibangunin. Aku juga jadi de javu, waktu kecil sering bangunin Mama untuk minta diantar ke toilet karena ingin buang air kecil, oh begini rasanya, wkwkwk.

Tapi, itu bukan suatu masalah besar karena memang bagian proses toilet training di malam hari. Kita memang perlu kesiapan ekstra saat melatih toilet training malam hari. Walaupun sambil ngantuk, hehe. 

Dari mulai mengganti popok, mengompol, bilang ke kamar mandi karena ingin buang air kecil, hingga tidak mengompol sama sekali dan kita bisa menyambut pagi dengan gembira. Itu semua proses yang aku alami hingga benar-benar tidak mengompol di malam hari. 

Sebelum membahas kunci sukses toilet training di malam hari, kenali dulu kenapa anak mengompol di malam hari dan tujuan toilet training.

Alasan Anak Mengompol di Malam Hari

Meski anak sudah lulus toilet training di siang hari, bukan berarti malam hari tidak mengalami momen mengompol. Tidak bisa dikatakan gagal juga, karena malam hari berbeda dengan siang hari.

Dilansir dari guesehat, anak saat malam hari tidur nyenyak, sehingga ia enggan bangun padahal sudah merasakan sensasi kandungan kemih yang penuh. 

Anak mungkin juga takut jika harus ke toilet malam hari sehingga lebih memilih menahan buang air kecil yang akhirnya jadi mengompol di malam hari. 

Perbedaan toilet training siang dan malam

Urin yang dihasilkan pada amalan hari lebih banyak sehingga tidak cukup ruang untuk  kandung kemih. Hal ini juga bisa membuat anak mengompol di malam hari.

Dulu juga aku merasa begini sih saat mengompol, keinginan untuk buang air kecil kuat namun masih mengantuk, jadilah ngompol. 

Saat sudah dewasa pun kadang malas sekali untuk pergi ke toilet saat sedang ngantuk-ngantuknya. Hal yang sama pun dirasakan oleh anak. Ayah dan Bunda juga pasti pernah merasakan pengalaman yang sama kan?



Tips Jitu Toilet Training di Malam Hari

Toilet training di malam hari memang butuh kesiapan orang tua yang lebih ekstra dibanding siang hari. 

Berikut beberapa tips jitu dari aku yang bisa Bunda coba di rumah:

1. Batasi Memberikan Minum Saat Malam

Agar anak tidak mengompol saat malam hari, jangan terlalu banyak memberikan asupan cairan di malam hari. Banyaknya cairan di malam hari akan membuat ia ingin buang air kecil.

Memberikan cairan yang banyak lebih baik di siang hari agar anak tidak mengompol. Untungnya memang Aqlan tidak ada rasa ingin banyak minum yang banyak di malam hari, minumnya secukupnya.  

Hanya saja, dia sering meminta susu sebelum tidur. Dari pola jam tidur juga kita bisa mengatur seberapa sering anak akan buang air kecil.

Misalkan anak jam 9 tidur, sebelum jam 9 ini berapa kali anak akan minum. Makanya, untuk makan malam Aqlan sendiri aku berikat di sore hari menjelang magrib, jadi dia tidak terlalu banyak air minum.


2. Ajak Buang Air Kecil Sebelum Tidur

Sebelum tidur ajak anak untuk buang air kecil, awalnya pasti anak nggak mau dan bingung sudah ngantuk kok malah diajak buang air kecil. 

Pertama kali anak belum mengerti. Kita yang harus memberitahunya kalau buang air kecil sebelum tidur itu penting agar anak tidak mengompol nantinya.

Bukan buang air kecil saja tapi BAB juga jadi challenge banget saat malam hari. Namun anak lama-lama akan terbiasa dan menyesuaikan kalau BAB tidak di malam hari dan bisa terjadi keesokan harinya. Sampai sekarang kalau BAB, Aqlan selalu di pagi hari. 

Pertama kali lepas popok malam bukan hanya mengompol tapi sampai BAB segala. Sampai bingung, akhirnya tetap membawa anak ke kamar mandi untuk dibersihkan.

Semenjak kejadian itu anak juga jadi menyesuaikan kalau BAB saat tidur itu sangat tidak menyenangkan. Pastinya tidur anak juga jadi tidak nyaman. Lamanya proses toilet training bisa berbeda setiap anak.

3. Jangan Menggunakan Popok di Malam Hari

Jika ingin berhasil toilet training di malam hari, tentunya kita juga harus siap untuk melepas popok di malam hari.

Lepas popok saat malam hari
Awal melepas popok pasti akan banyak mengompol dan banyak mencuci celana. Bahkan bukan hanya celana, tapi sprai juga karena Aqlan tidak mau menggunakan perlak. 

Jika anak tidak ingin menggunakan perlak, Bunda bisa mensiasatinya dengan menggunakan sprai waterproof agar tidak menembus ke kasur. 

4. Ajak Anak ke Toilet Jika Terbangun Tengah Malam

Anak suka terbangun tengah malam? Mungkin ingin buang air kecil namun tidak bisa mengatakannya. Coba tanyakan dan ajak anak ke toilet.

Aqlan juga pernah terbangun tengah malam kadang minta dibuatkan susu atau ingin minum. Sekalian saja aku juga ajak ia ke toilet dan benar saja ketika sudah di toilet ia buang air kecil.

5. Sudah Berhasil Toilet Training pada Siang Hari

Jika anak sudah bisa mengendalikan rasa ingin buang air kecil di siang hari, akan lebih mudah melakukan toilet training saat malam hari.

Kalau anak masih menggunakan popok di malam hari, khawatir anak akan bingung dan mewajarkan kalau buang air kecil tidak apa-apa di popok. Saat melatih toilet training malam hari pastikan anak juga sudah mengerti toilet training pada siang hari. Sehingga bisa melepas popok di waktu yang bersamaan. 

Kesimpulan

Melatih toilet training saat malam hari memang lebih sulit dibandingkan siang hari karena saat malam adalah waktu tidur nyenyak anak yang bisa berpotensi untuk mengompol.

Asalkan dilatih dengan tepat, anak akan menyesuaikan dan terbiasa dengan toilet training di malam hari. Sudahkah Bunda melatih toilet training anak di malam hari? Apakah mempunyai pengalaman yang sama? Share yuk Bun!




Referensi:

  1. 5 Kiat Sukses Toilet Training Malam Hari - https://jurnalbunda.com/toilet-training-malam-hari/
  2. Anak Sudah Lolos Potty Training, Tapi Kok Masih Mengompol di Malam Hari, Ya? - https://www.guesehat.com/balita-mengompol-di-malam-hari
  3. Tips Sukses Toilet Training pada Malam Hari - Teman Kodomo

Related Posts

14 komentar

  1. Masa-masa yang capek abnget lho toilet training itu. Capek kesabaran sih wkwkwk. Alhamdulillah aku juga pake tips ini. Jangan minum banyak sebelum tidur. Pipis dulu sebelum tidur, kemudian membangunkan tengah malam buat pipis juga. Insya Allah ngga akan kecolongan ngompol deh.

    BalasHapus
  2. Tiap anak- memang beda-beda kok, anakku yang cowok itu cepat prosesnya baik toilet raining siang atau malam, saat usianya 3 tahun
    Eh la kok pas sudah usia 6 tahun jadi sering ngompol, ternyata kalau dia pakai celana panjang yang ketat, dia ga bisa merasakan kandung kemihnya penuh, jadi sejak ketahuan penyebabnya, dia saya minta pakai celana pendek yang longgar, selain itu tetap batasi minum saat malam hari

    BalasHapus
  3. Dulu waktu anak saya masih kecil, tidak dipakein popok atau pampers namun dibawa ke kamar mandi setiap bbrp jam dan dibilangin kalau mau bak atau bab bilang yaa. Kalau malam juga sama dibangunin dan dibawa ke kamar mandi.

    BalasHapus
  4. Untuk awalan saya ajak anak bak sebelum tidur, kemudian dua jam lagi bangunkan untuk ke kamar mandi, dua jam lagi gitu

    BalasHapus
  5. Anakku lulus toilet training tuh sampai usia 3 tahun. Sebelum itu aku masih bangung-bangun terus tidurnya. Pokoknya pas udah nggak nyusu malem lagi, TT malam hari juga beres dah.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillaah dulu yang aku takutkan ternyata bisa terlewati tanpa drama juga huhu.. bener banget haha aku udah lepas dia dari susu kalo malem karena takut ngompol ajaa hihi

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah anak-anakku terbiasa bangunin ortu pas terasa mau pipis. Minta antar ke kamar mandi. Btw kebiasaan minta antar terus jadinya penakut, gak berani ke kamar mandi sendiri. Mungkin ini perlu jadi perhatian juga.

    BalasHapus
  8. Anak-anak saya baru bisa BAK di toilet saat umur 2,5-3 tahun dan tidak pakai pampers lagi sejak sekolah playgrup.

    BalasHapus
  9. Seperti kita orang dewasa juga sih yaa, kalau tidak mau terbangun2 pipis ya jangan b banyak minum di malam hari sebelum tidur. Nah, semua tips di tulisan ini oke banget untuk diterapkan .

    BalasHapus
  10. Pas toilet training ini jadi masa kurang tidurnya dan melatih kesabarannya ibun-ibun ya. Hehehe.. pas awal-awal toilet training, nomor dua yg tak terapin dulu baru pelan-pelan ke nomor satu, tiga, dll. ❤️❤️

    BalasHapus
  11. Anakku dua dan dua-duanya sejak bayi jarang ngompol di malam hari. Jadi, kebalikan dari umumnya, menurutku lebih susah pas toilet training di siang hari. Kalau malam, sih, alhamdulillah bisa tidur nyenyak. ㅋㅋㅋ.

    BalasHapus
  12. Tips yang bermanfaat banget nih kak, untuk para orangtua yang memiliki toddler. Jangan sampai kebiasaan ngompol sampai besar ya untuk anak

    BalasHapus
  13. Tips yang sangat bermanfaat nih bun. Boleh banget untuk dicoba. Terpenting sebagai orang tua kita harus sabar menghadapi toddler

    BalasHapus
  14. Masyaallah. Butuh kesabaran untuk melatih kedisiplinan toilet training ini, ya, Bun. Pada awal-awal terpaksa, tetapi lama-lama terbiasa menjalankannya. Semangat, Bun!

    BalasHapus

Posting Komentar