cerita mbun

Ragam Mainan Edukasi dari Balok Beserta Manfaatnya!

17 komentar
Mainan balok yang mengedukasi

Mainan edukasi anak banyak sekali ragamnya, salah satunya yaitu mainan yang berbentuk balok. Bukan hanya balok tapi masih ada lagi macamnya. 

 Anak suka bermain balok? Yuk kenali lebih dalam lagi tentang permainan yang satu ini. Meski hanya bentuk balok, jangan pernah anggap remeh permainan yang anak mainkan..

Pasalnya mainan edukasi balok ini punya segudang manfaat bagi perkembangannya loh Bunda, jadi temani anak ya kalau ingin bermain balok.

Manfaat yang Dirasakan Anak Saat Bermain Balok

Bagi kita yang melihat mungkin terasa membosankan bermain balok. Tapi, tidak bagi anak yang merasakan manfaatnya. Berikut manfaat yang dirasakan anak ketika bermain balok yang bernilai edukasi.

1. Melatih Motorik Halus dan Kasar Anak

Saat bermain balok,.anak menggunakan kedua tangannya. Kordinasi mata dan tangan berperan penting untuk menyusun balok. 

Anak juga terlatih menggenggam sebuah balok berbagai macam bentuk baik yang kecil maupun besar. 

2. Mengasah Probem Solving

Dalam permainan balok, biasanya ada gambar berupa contoh balok susun yang bisa anak mainkan. Terkadang balok susun tersebut tidak langsung bisa dimainkan oleh anak, balok menjadi rubuh dan berantakan.
Keuntungan bermain balok

Dari situ anak akan belajar strategi bagaimana caranya agar balok terlihat rapi saat disusun dan tidak rubuh. Strategi yang dibuat anak itulah membantu ia menyelesaikan masalah. 

Anak tahu kalau tidak semua berhasil, namun ada fase gagal juga dan itu tidak apa-apa. Anak akan belajar mencobanya lagi dan semakin tertarik jika belum terpecahkan. 

3. Meningkatkan Kreativitas Anak

Bermain balok membuat anak semakin kreatif. Kok bisa? Iyaa, ada banyak warna dan bentuk dalam balok, ia bisa berimajinasi menjadikan balok "sesuatu"..

Kalau Aqlan senang menyusunnya berdasarkan warna dan kadang ia menciptakan kreasinya sendiri tidak selalu berdasarkan contoh. Anak bebas berkreasi.

4. Belajar Matematika Sederhana

Bermain balok juga secara tidak langsung mengajarkan matematika sederhana pada anak. Anak akan belajar menghitung jumlah balok yang ia punya. Menggabungkannya berdasarkan warna lalu ia hitung.

Selain itu menambah kemampuan bicaranya karena bertambah pula kosa kata saat ia bermain balok. Anak belajar nama, bentuk dan warna balok. 

5. Melatih Kesabaran Anak

Siapa yang anaknya suka marah-marah, Bun? Anak yang sedang marah sesungguhnya ia sedang belajar melatih emosinya. Asalkan kita tidak ikutan tantrum ya, hehe.

Bunda bisa kenalkan dengan berbagai macam permainan balok ini. Permainan balok metih kesabarannya, contohnya balok susun yang harus disesuaikan dengan bentuknya. Anak akan mencoba satu demi satu, saat itulah anak melatih kesabarannya.

Lalu, ada apa saja selain balok susun? Yuk kita ketahui ragam permainan balok yang bisa dimainkan oleh anak.

Ragam Bentuk Mainan Balok Anak

Warna.warni balok yang cerah dan bentuknya yang bermacam-macam membuat anak tertarik untuk memainkannya.

Jangankan anak, biasanya orang tua juga malah jadi ikutan mainan bersama anak, hehe. Dulu mainan anak tidak beragam seperti sekarang. 

1. Balok Iqra 

Balok iqra mainan edukasi
Sumber: kayu-seru.com

Balok Iqra dilengkapi dengan huruf Hijaiyah dan tanda baca beserta huruf Hijaiyah sambung. Diharapkan dengan balok iqra memudahkan anak untuk belajar membaca Al-Qur'an.

Balok iqra membantu anak mengenalkan dan membaca huruf hijaiyah. Balok iqra bukan hanya permainan yang menyenangkan, namun memiliki nilai edukatif. 

2. Balok Bangun

Balok bangun mainan edukatif
Sumber: kayu-seru.com


Balok bangun membuat anak semakin kreatif. Anak bisa membuat apa saja dari balik bangun tersebut. Misalkan membuat jembatan, gedung, rumah-rumahan dan lain sebagainya.

Berjumlah 42 pcs membuat anak tidak akan cepat bosan bermain. Anak belajar mengenal warna dan membentuk imajinasinya.

3. Balok Box Mainan

Balok mainan box mobil
Sumber: suara-kayu.com


Bunda bisa mencoba mainan yang satu ini..dengan adanya roda pada box membuat mainan balok box mobil ini bisa digerakkan. 

Anak bisa menyusunnya di atas mobil maupun mengeluarkan dari mobil. Balok ini juga bisa dibuat menyerupai puzzle geser, sehingga kita bisa menyelesaikan sesuai warna. 

4. Balok Menara Rubuh

Mainan balok menara rubuh

Menyusun balok membuatnya melatih kesabaran. Apalagi jika bermain balok menara rubuh. Balok menara rubuh ini bisa dimainkan oleh dua arang atau lebih. 

Dengan melemparkan dadu, jika yang keluar angka 2 maka balik yang diambil sejumlah dua buah. Siapa yang merubuhkan menara, maka dia yang kalah.

Bisa juga jika sesuai warna jika yang keluar warna merah, anak akan mengambil warna merah. Anak bis bermain dengan orang tua atau temannya.

Bermain dengan lebih satu orang membuat anak belajar interaksi dengan orang lain. Sehingga bertambah pula kosa katanya.

5. Balok Geometri

Mainan balok geometri
Sumber: welovesupermom.com

Anak bisa mengelompokkan berdasarkan warna atau bangun geometri. Balok geometri sudah bisa dikenalkan anak usia 1 tahun. 

Balon geometri melatih fokus anak sehingga anak bisa lebih konsentrasi pada balok yang dimasukkan ke dalam kayu.

6. Balok Susun Huruf

Selain balok iqra tadi, ada juga balok susun huruf. Membantu anak mengenal huruf abjad. Ajak anak untuk menyusun namanya sendiri. 

Setelah itu, bisa menyusun nama orang tua atau temannya. Balok susun huruf sangat membantu anak untuk belajar membaca. 

7. Balok Susun Tetris

Balok mainan edukasi tetris

Balok susun tetris bisa dibentuk berbagai macam bentuk. Misalnya seperti pistol, robot, pohon dan lain sebagainya. Bentuknya seperti puzzle sehingga bisa dibentuk apa saja.

Balok ini membantu anak untuk berlatih sabar ketika membentuk sebuah karakter. Anak belajar dengan menyenangkan.

Kesimpulan

Ada beragam mainan balok yang mengedukasi. Bukan hanya mainan yang menyenangkan, balik memberi manfaat sendiri bagi perkembangan stimulus anak.

Anak menjadi kreatif, imajinasinya tinggi dan melatih kecerdasannya. Warna dan bentuk balok juga jadi pembelajaran tersendiri bagi anak.

Jangan lupa sesudah bermain cuci tangan ya. Baca juga selanjutnya Mainan Montessori untuk Anak Balita. Dari list di atas,balok mana yang sudah Bunda kenalkan pada anak ?


Referensi:

https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/6-keuntungan-permainan-balok-untuk-anak

https://welovesupermom.com/id/blog/rekomendasi-mainan-balok-susun/

Related Posts

17 komentar

  1. Kalau orang tua mah kayanya mainan balok ngebosenin yah. Tapi kalau anak-anak malah bisa explore beragam bentuk. Jadi cocok banget buat mengasah problem solving juga. Mereka makin kreatif karena memainkan imajinasi buat jadi sesuatu. Balok susun tetris nih cocok juga buat mencegah anak main tetris di gadget hehee.

    BalasHapus
  2. Sayangnya memang sekarang tuh kebanyakan anak kecil udah dibiarkan mengonsumsi gawai. Enggak bisa dipungkiri memang sekarang kita sendiri enggak bisa lepas dari gawai. Tapi perlu batasan untung anak. Biar si berkembang dan tumbuh dengan mainan-mainan sesuai usianya

    BalasHapus
  3. Anak-anak tuh emang suka sesuatu yang menarik ya, salah satunya kayak permainan balok-balok ini. Anakku juga suka mainan balok, dirobohin dna disusun dan dirobohin lagi. Begitulah danak-anak. Ternyata banyak manfaatnya ya.

    BalasHapus
  4. Saya punya balok rubuh di perpustakaan...anak2 seneng banget mainnya....sampe tinggi disusun terus dirubuhin hehe..gitu aja terus mainnya...

    BalasHapus
  5. Sudah semua, kecuali yang geometri, punyanya model lain kalau geometri. Ada juga balok dengan bahan spon, jadi ringan, tetapi perlu pengawasan

    BalasHapus
  6. Dulu punya yang iqro.. habis itu ilang ilangan e mbak.. gimana ya tips nyimpennya buat anak anak

    BalasHapus
  7. Merasakan sekali manfaat dari mainan balok ini, salah satunya melatih kesabaran mereka. Better mainnya ditemenin orang tua, biar bisa dijelaskan hikmah dan manfaatnya

    BalasHapus
  8. Secara tidak langsug ketika anak bermain dari balok itu melatih motorik mereka juga ya kak. Dan ternyata mainan dari balok banyak manfaat positif dalam mengedukasi anak

    BalasHapus
  9. Favorit saya dulu balok bangun dan balok tetris. Bahkan saya masih suka main setelah dewasa. Main balok bangun memang tidak ada habisnya.

    BalasHapus
  10. Anak-anak kami suka sekali main aneka balok ini. Memang benar banyak sekali manfaatnya terutama mengasah kreatifitas dan imajinasi anak

    BalasHapus
  11. paling senang liat anak anteng main balok karena dengan begitu imajinasinya jadi terasah, btw balon susun rubuh mirip kayak stacking uno ya? ini seru kayaknya, kudu nyoba beli

    BalasHapus
  12. Berbagai alat permainan edukatif dari balok ini sangat cocok untuk aktivitas motorik halus anaj, sekaligus mengajak anak berimaginasi dan merealisasikan imaginasinya dalam bentuk nyata

    BalasHapus
  13. Anak-anak bisa belajar dengan alat yang menarik...melatih motorik juga karena beda bahan dan beda bentuk. Bisa dibuat sendiri juga kali ya..makin kreatif.

    BalasHapus
  14. Liat balok bangun jadi inget dulu pernah bimbingan kerajinan tangan buat lomba. Adek juga bimbingan buat lomba, dan salah lombanya menyusun balok bangun yang diberi judul "Gedung DPR".

    BalasHapus
  15. Balok adalah mainan yang tidak lekang oleh zaman, beli sejak anak pertama, sampai sekarang masih bisa dipakai anak keempat, heee. Sudah punya beberapa model balok di atas, tapi belum punya yang huruf Hijaiyah. Seru juga untuk belajar ngaji ya.

    BalasHapus
  16. Kalau punya mainan edukasi balok yg terbayang pertama adalah awet memang, tp rawan ilang kepencar pencar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget kayak anakku mbak. Mainan baloknya lengkap pas pertama beli aja, besoknya udah terpencar entah kemana haha. begitulah anak-anak, kalau nggak gitu mereka nggak belajar katanya hmm

      Hapus

Posting Komentar